Selasa, 31 Januari 2012

Banyaknya Pahala Jika Bersedekah Tersembunyi

Sedekah sebaiknya dilakukan tanpa diketahui orang atu rahasia.sebuah riwayat menyebutkan bahwa pahala bersedekah secara sembunyi berlipat sebanyak tujuh puluh kali dibandinkan pahala sedekah yang terang – terang.
Rasulullah SAW bersabda : “Sedekah Rahasia Memadamkan Kemurkaan ALLAH”

Tidak ada perkara yang lebih besar dari kemurkaan Allah SWT dan tidaklah kemurkaan itu bisa dipadamkan kecuali oleh sedekah yang rahasia.Karena sedekah yang rahasia itu dipandang lebih besar di sisi Allah.
Allah berfirman dalam surat Al- Baqarah ayat 271 : “Jika kamu menampakan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali.Dan jika kamu menyembunyikanya dan kamu memberikan kepada orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.Dan Allah akan menghapuskan dari kamu kesalahan – kesalahan ; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Sedekah rahasia itu lebih diutamakan karena ia lebih dekat dengan keikhlasan.Itu merupakan ruh bagi setiap amal.Lebih jauh dari perasaan riya’ yang merusak amal.Waspadalah jangan sampai sedekah bercampur dengan riya’.Ingat, jangan sampai menyakiti fakir miskin dengan sedekah, karena mendapat ancaman yang berat.

Jangan sekali – sekali meminta balasan dari orang yang diberisedekah dengan sesuatu yang mendapatkan manfaat, pelayanan, atau penghormatan.Jika meminta sesuatu sebagian balasan dari atas sedekah, maka jadilah apa yang dituntut sebagi balasan atas sedekah.Para salafus saleh senantiasa membalas doa orang – orang miskin yang mendoakan mereka apabila menerima sedekah.Mereka khawatir pahalanya berkurang, oleh karena itu sangat berhati – hati dalam perkara sdekah ini.

Jangan pula mengharapkan ucapan terima kasih dan pujian dari fakir miskin atas sedekah yang diberikan.Dan jangan memberitahu orang apa yang anda berikan kepadanya, karena akan mengurangi pahala,bahkan mungkin pahala itu akan terhapus sama sekali.

Jangan meninggalkan sedekah karena takut menjadi miskin atau khawatir harta akan berkurang.
Rasullulah SAW telah bersabda : “Tidak akn berkurang harta yang telah disedekahkan.”

Bagi orang yang saleh sebenarnya sedekah itulah yang menambah kekayaan dan meluaskan hidup. menjadikan terhindar dari kekurangan dan kesempitan.meninggalkan sedekah sebenarnya akan menghasilkan kesulitan, menimbulkan kemiskinan dan menghapuskan kekayaan.
Allah SWT berfirman dalam surat Saba’ ayat 39 yang berbunyi : “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan dialah pemberi risky yang sebaik – baiknya.”

Ketahuilah bahwa sedekah sedikit dari orang yang tidak punya adalah lebih utama di sisi Allah Ta’ala dari pada bersedekah yang banyak dari orang yang banyak harta.
Sabda Rasullulah SAW : “Satu dirham bisa mendahuluiseribu dirham para sahabat bertanya:Bagaimana bisa terjadi demikian? Jawab beliau:seorang lelaki tidak punya kecuali dua dirham, disedahkanya satu dirham.Lelaki yang lain bersedekah seribu dirham dari hatanya yang bertumpuk – tumpuk. Dmikianlah satu dirham bisa mendahului seribu dirham.”

Nyatalah kini dengan satu dirham yang disedekahkan oleh orang miskin itu lebih uta dari seribu dirham dari orang yang banyak harta.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management