Jumat, 24 Februari 2012

Mengakses Komputer Host dengan Remote Desktop ( DOMAIN )

remote-accessPada sesi sebelumnya, telah saya ulas cara men-setting komputer agar bisa diakses dari jarak jauh dengan Remote Desktop. Dalam ulasan tersebut kita telah dikenalkan dengan terminologi dua jenis komputer yang akan kita pakai: pertama, komputer yang akan diakses/di-remote disebut sebagai komputer Host. Komputer ini saya misalkan sebagai komputer Anda di Kantor. Kedua, komputer yang akan digunakan untuk mengakses/me komputer Host. Komputer ini disebut sebagai komputer Klien. Klik di sini jika Anda masih perlu mengingat kembali ulasan singkat ini.

Selanjutnya, Agar Anda bisa terhubung dengan komputer di kantor Anda bisa melakukan koneksi melalui komputer manapun yang memiliki koneksi internet dengan langkah berikut:
  1. Dari komputer klien klik Start > All Programs > Accessories.
  2. Dalam menu Accessories > Communications > klik Remote Desktop Connection.
    remote-desktop7
  3. Dalam boks Computer yang muncul, ketik nama komputer Host yang telah kita tentukan sebelumnya. Bagi Anda yang memiliki komputer dengan koneksi LAN atau internet selain tanpa dukungan VPN Anda perlu memasukkan IP Address komputer yang akan Anda remote.
  4. Klik Connect.
  5. Setelah dialog box Log On to Windows muncul, ketik Username, password dan domain (jika diperlukan), akhiri dengan klik OK.
    remote-desktop8
Jika koneksi Anda berhasil, Windows akan menampilkan jendela sama persis seperti desktop komputer yang Anda Remote. Anda bisa melihat desktop, program, mengakses file, dan semua resource komputer Host seolah Anda sedang berada di depan komputer tersebut. Pada saat ini komputer yang Anda remote akan terkunci dan tidak memiliki hak akses apapun tanpa mengetahui password Administrator. O ya, sebagai tambahan, tidak akan ada yang dapat melihat bahwa komputer Kantor Anda sedang Anda akses dari jarak jauh.
Untuk mengakhiri sesi Remote Desktop, Anda tinggal lakukan:
  1. Klik Start > Log Off (di bagian bawah Start menu)
    remote-desktop9
  2. Klik Log Off pada jendela konfirmasi.
Semoga bisa membatu..


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management