Sabtu, 10 November 2012

Beberapa Hal Penyebab Komputer atau Lapotop Anda Lambat


Sering sekalikan komputer kita sangat lambat untuk mengakses sebuah program, apalagi anda sedang berselancar di internet, ini sangat tidak nyaman dikalangan pengguna komputer. Banyak faktor yang menyebabkan komputer anda berjalan lambat, baik itu dari software maupun hardware yang kita gunakan. Sebaiknya, jika untuk anda yang bekerja membutuhkan high resource komputer, belilah komputer yang sesuai untuk anda, agar tidak menjadi masalah ketika anda bekerja. Sekarang kita lihat beberapa faktor penyebab komputer atau laptop anda lambat.
1. Spyware, Adware Mallware dan sejenisnya
Sudah pasti jika komputer atau laptop anda terkena virus akan berjalan lambat, karena pada umumnya virus memakan resource baik itu resource CPU maupun aktivitas RAM. Jika koputer anda terkena virus, gunakanlah antivirus yang handal untuk menangkal jenis-jenis virus terbaru. Sekarang Antivirus telah banyak beredar baik itu secara gratis maupun berbayar. Silahkan pilih antivirus anda dan selalu untuk mengupdate dengan interval waktu yang baik.
2. Banyak Software yang berjalan dibelakang
Maksudnya adalah saat windows melakukan startup, beberapa aplikasi sering berjalan secara otomatis, sehingga menyebabkan komputer kita berjalan lambat, padahal aplikasi tersebut tidak kita gunakan saat kita bekerja, contoh dari aplikasi ini adalah yang berjalan di icon try, coba check service startup anda, aplikasi apa saja yang berjalan ketika windows melakukan startup, anda dapat mengechecknya dengan menekan tombol start, RUN, kemudian ketik MSconfig, liat startup windows.

3. HDD (Hardisk) yang sudah Tua
Akibat dari komputer lambat salah satunya adalah anda masih menggunakan hardisk yang sudah berumur. Misalnya anda menggunakan hardisk sudah lebih dari 5 tahun, ini akan menyebabkan akses data anda menjadi lambat, karena hardisk juga mempunyai kecepatan RPM untuk membaca data. Anda dapat mengecheck kecepatan hardisk anda dengan menggunakan software HDD Tune yang di kelaurkan secara gratis.
4. RAM Memory Kecil
Sudah pasti jika RAM anda sangat kecil dapat menyebabkan komputer anda berjalan lambat, apalagi aplikasi sekarang membutuhkan resource RAM yang sangat tinggi. Check Physical Memory anda didalam task manager, dan mana saja aplikasi yang terlalu banyak memakan memory komputer.
5. Terjadinya konflik antara aplikasi
Jika anda menginstall dua aplikasi yang sama dalam komputer dengan fungsi yang sama akan menyebabkan konflik. Hal ini sangat dilarang karena akan menyebabkan komputer anda berjalan lambat, misalnya anda menginstall 2 buah jenis antivirus dengan kinerja yang sama, anda ingin coba? silahkan tapi jangan salahkan saya jika komputer anda berjalan lambat.
6. Banyaknya Software Terinstall
Banyaknya aplikasi software terinstall di komputer anda juga akan menyebabkan komputer dan Lapotop anda menjadi lambat. Segeralah untuk membuang aplikasi-aplikasi yagn tidak anda gunakan, pilihlah software yang layak anda gunakan sesuai dengan kemampuan komputer anda. Jangan terlalu banyak mengistal software karena belum tetntu semua software baik untuk PC anda. Anda dapat menggunakan  layanan Add Remove untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak anda gunakan. Atau bisa saja anda menggunakan Revo Uninstaller.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management