Selasa, 22 Januari 2013

Transfer Lagu dari iPhone, iPod atau iPad ke Komputer


Transfer Lagu dari iPhone, iPod atau iPad ke Komputer


Bukan hal yang susah jika Anda ingin memasukkan lagu-lagu favorit ke iPhone, iPod atau iPad dengan bantuan iTunes. Tapi bagaimana jika Anda ingin memindah lagu dari iPod/iPhone/iPad ke komputer baru?

Saat ini fitur transfer lagu dari iDevice ke komputer baru/berbeda belum disediakan oleh iTunes. Meski demikian bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk bisa transfer lagu-lagu dari iOS device ke komputer, baik Mac atau Windows.

1. Turn off automatic syncing in iTunes, untuk melakukannya di iTunes: Preferences > Devices > check “Prevent iOS hardware from syncing automatically”, lalu keluarlah dari iTunes
2. Download iExplorer di sini (gratis untuk Mac OS X dan Windows), lalu install di komputer.
3. Koneksikan iPhone, iPad atau iPod ke komputer menggunakan USB.
4. Jalankan iExplorer lalu klik pada tanda panah yang ada di sebelah nama iOS device. Setelahnya, klik pada panah di sebelah “Media” dan sekali lagi yang ada di sebelah “iTunes_Control”
5. Drag keseluruhan folder “Music” ke lokasi baru di desktop komputer. Yang Anda copy adalah seluruh koleksi lagu sehingga membutuhkan waktu untuk mentransfer semuanya.

6. Jika proses transfer selesai, keluarlah dari iExplorer.

Anda bisa berhenti di langkah ini tetapi perlu diketahui bahwa Music directory yang berisi lagu-lagu yang baru saja Anda copy tadi tidak tertata dengan baik dan sejumlah lagu terkelompokkan dalam folder yang memiliki nama acak. Hal paling mudah untuk sort dan rename semua file adalah dengan menggunakan iTunes untuk import folder dengan nama yang benar.

Cara Import Musik yang telah ter-Copy ke iTunes
Jika Anda ingin copy lagu-lagu di komputer tadi ke iTunes, ikuti langkah berikut:
1. Disconnect iPhone, iPad dan iPod dari komputer untuk menjalankan iTunes.
2. Buka Preferences dan klik pada “Advanced”
3. Pastikan “Keep iTunes Media Organised” dan “Copy files to iTunes Media Folder” telah terpilih:

4. Sekarang kembalilah ke Desktop dan drag keseluruhan “Music” ke icon iTunes atau ke iTunes window, sehingga iTunes bisa mulai impor koleksi lagu-lagu Anda.

Transfer koleksi music dari iPhone/iPod/iPad ke komputer baru akan sangat bermanfaat jika kebetulan komputer lama Anda crash atau data hilang dan Anda harus ganti komputer baru. Untuk kasus seperti itu Anda tidak bisa hanya sync device ke komputer. Barangkali Apple akan memberikan kemampuan untuk mengatasinya ‘secara resmi’ di versi iTunes terbaru, semoga saja :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management